Skip to content

5 Kesulitan yang Sering Dihadapi dalam Pengelolaan Bisnis Ritel

Written by

riding

Bisnis ritel menjadi salah satu jenis bisnis yang semakin diminati karena memiliki peluang yang menjanjikan dan dan bisa memberikan banyak keuntungan. Bisnis ritel sendiri merupakan suatu transaksi penjualan barang yang dilakukan kepada konsumen, barang yang dijual ini dalam jumlah satuan atau eceran dan tidak dijual kembali. Dalam pengelolaan bisnisnya, masih banyak bisnis ritel yang menggunakan sistem konvensional atau yang biasa dikenal dengan kata manual, tentunya pengelolaan bisnis dengan semacam ini cukup menyulitkan Anda sebagai pelaku bisnis, beberapa kesulitan yang akan Anda alami diantaranya yaitu:

Membuat laporan secara manual

Penggunaan sistem manual tentunya akan membuat Anda juga mengerjakan laporan keuangan secara manual pula, hal ini tentunya cukup membuat pusing karena ada banyak jenis laporan yang perlu Anda buat. Mulai dari laporan laba rugi, laporan neraca, laporan arus kas, buku besar, dan juga kartu stok. Mengapa laporan tersebut penting untuk dibuat? Setiap pelaku bisnis ritel memerlukan laporan keuangan tersebut untuk mengontrol operasional bisnisnya, sehingga bisa menentukan strategi bisnis dengan tepat.

Data penjualan yang berceceran

Pencatatan data penjualan yang berceceran atau tidak terintegrasi akan menyulitkan pengelola bisnis ritel dalam melihat performa bisnis secara keseluruhan. Selain itu, data yang diinput secara manual juga tidak terlalu akurat.

Tidak punya database

Database ini cukup penting untuk dimiliki oleh pengelola bisnis, database ini bisa berupa inventaris barang yang dijual, harga barang, informasi penjualan, tagihan, dan lainnya. Jika toko Anda tidak memiliki database, atau data hanya disimpan secara manual menggunakan Excel, maka akan sangat merepotkan.

Boros biaya riset

Oleh karena sistem yang manual, Anda juga perlu melakukan riset untuk mengembangkan toko secara manual juga, tentunya hal ini akan memerlukan biaya riset yang cukup banyak dan cenderung pemborosan.

Sulit menentukan harga

Penggunaan sistem pengelolaan bisnis secara manual juga akan menyulitkan Anda dalam penentuan harga barang. Menggunakan aplikasi dalam pengelolaan bisnis ritel seperti https://eyosconnect.com/id/, menjadi solusi terbaik untuk membantu pelaku ritel menentukan harga yang tepat demi keuntungan maksimal. 

Itulah 5 kesulitan yang akan Anda alami saat melakukan pengelolaan bisnis ritel secara manual, oleh karenanya Anda perlu mengganti sistem pengelolaan bisnis ini menjadi digital. Nah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis ritel, yuk kenali dulu contoh bisnis ritel, cek https://eyosconnect.com/id/bisnis-digital/wajib-tahu-inilah-strategi-sukses-membangun-bisnis-ritel-di-masa-pandemi/. Semoga bermanfaat!

Previous article

Ingin Menghemat Listrik? Gunakan Pemanas Air Tenaga Surya! Cek di Sini

Join the discussion

Leave a Reply