Skip to content

Tips Memandikan Bayi dengan Air Hangat

Written by

riding

Waktu mandi kadang menjadi waktu yang tidak disukai oleh beberapa bayi, bahkan tak jarang bayi akan menangis jika sudah mulai masuk waktu mandi. Nah, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar bayi tetap mau mandi dengan perasaan bahagia.

Jangan Paksakan Bayi untuk Mandi

Jika anda ingin memulai kebiasaan mandi menyenangkan dengan bayi maka jangan memaksakan bayi untuk mandi. Anda bisa mulai dengan mengelap tubuh bayi dengan washlap untuk membiasakan bayi menyentuh air. Ketika bayi sudah mulai terbiasa menyentuh air maka selanjutnya anda bisa menyiapkan bak khusus untuk peralatan mandi bayi. 

Baca: Pemanas Air Rumahan yang Recommended

Cek Suhu dan Ketinggian

Jika anda ingin memandikan bayi maka anda bisa menggunakan air hangat, tips mandi air hangat untuk anak yakni pastikan suhu tidak terlalu panas. Suhu yang disarankan untuk bayi berkisar pada suhu 32 – 38°C atau hampir sama dengan suhu tubuh manusia. Jika anda tidak mempunyai termometer untuk mengukur suhu air, anda bisa menggunakan bagian siku dan mencelupkannya ke dalam air. Sikut manusia merupakan bagian yang lebih sensitif untuk merasakan apakah air tersebut sudah sesuai dengan suhu yang anda inginkan atau belum.

Untuk mendapatkan suhu yang sesuai anda bisa mencampurkan air dingin terlebih dahulu baru kemudian air panas. Ini berguna untuk menghindari kejadian seperti anak yang terseduh air panas karena tak sengaja tersiram. Jika anda ingin memandikan bayi sebaiknya anda memasukkan air ke dalam bak dengan ketinggian maksimal 5 cm, atau jika bayi terlentang di bak jangan sampai airnya menyentuh telinga. 

Lakukan Permainan Sebelum Mandi

Salah satu tips mandi air hangat untuk anak yang sering dilakukan untuk membangun kebiasaan mandi yakni dengan bermain dengan bayi sebelum mandi. Anda bisa mendudukkan bayi dan mengajaknya bermain air dalam baskom. Lalu anda bisa membimbing bayi agar memasukkan tangannya ke dalam baskom serta dan mulai menepuk- nepuk air, ini bisa anda lakukan beberapa kali sampai bayi bisa menikmati bermain air saat mandi. Cek produk pemanas air tenaga surya di https://pemanasairindonesia.com

Previous article

Tips Menjaga Kebersihan Mobil

Join the discussion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *