Skip to content

Tips Memulai Bisnis Modal Kecil

Written by

riding
aplikasi toko

Ketika akan membangun bisnis, modal ternyata bukan satu-satunya yang menjadi syarat mutlak. Bagi yang sedang merintis sebuah bisnis, jangan berkecil hati bila tak memiliki modal besar. Melalui strategi yang tepat, maka Anda bisa menjalankan bisnis dengan modal kecil yang beruntung besar. Nah, di sini akan diberikan tips yang tentunya bisa diterapkan bagi Anda yang akan memulai bisnis dengan modal kecil dan bisa bertahan dalam waktu panjang.

Menantukan Jenis Bisnis yang Cocok 

Banyak memang jenis bisnis yang bisa dipilih, seperti bisnis kuliner, toko modern, barbershop, laundry, dan lainnya. Anda bisa memilih jenis bisnis yang memang sesuai dengan minat serta kemampuan. Supaya nantinya, bisnis tersebut bisa dijalankan dengan ikhlas tanpa paksaan. 

Selain itu, bila nantinya terjadi suatu masalah, maka Anda bisa menemukan jalan keluarnya. Karena memang bisnis itu benar-benar sudah Anda kuasai dan sesuai dengan kemampuan, sehingga Anda benar-benar mengenali bisnis yang Anda jalankan. 

Baca Juga: Temukan Kemudahan Memulai Bisnis dengan Aplikasi Toko Masa Kini!

Melakukan Riset Pasar

Tentunya dengan melakukan riset pasar ini sangat membantu untuk menemukan peluang yang terjadi di bisnis Anda. Lewat riset yang Anda lakukan, Anda bisa menemukan apa yang sesungguhnya sedang dicari masyarakat. Maka dari itu, bisnis yang dihadirkan itu mampu menjadi solusi dari tiap permasalahan yang terjadi dengan tepat sasarannya. 

Riset pasar ini juga membantu untuk menentukan siapa saja yang menjadi kompetitor Anda. Para pesaing ini tentu bukan suatu yang dikhawatirkan. Karena dengan adanya kompetitor ini membuat Anda bisa belajar untuk melakukan analisa yang akan menjadi keunggulan dari bisnis Anda dibandingkan kompetitor. 

Mengalokasikan Modal dengan Tepat

Anda perlu tahu ada 2 cara untuk mengalokasikan modal. Pertama yaitu capital expenses yaitu modal yang digunakan untuk membeli bahan baku, peralatan, dan berbagai perlengkapan bisnis lainnya. Misalnya, bila Anda ingin membuka bisnis laundry, maka modal tersebut untuk membeli mesin cuci, mesin pengering, serta stok sabun. 

Selanjutnya, yaitu, operational expenses merupakan pengeluaran operasional yang terdiri dari biaya listrik, sewa gedung, gaji karyawan, dan lainnya. Lewat alokasi yang tepat ini pula, maka modal yang kecil itu bisa dipakai secara efisien dan efektif. 

3 Tips diatas dapat Anda jadikan refrensi untuk memulai bisnis tanpa modal. Jangan khawatir, memulai bisnis tidak sesulit yang Anda bayangkan. Yuk temukan kemudahan dan raih kesuksesan bisnis Anda dengan aplikasi toko masa kini, cek https://eyosconnect.com/id/ di sini!

Previous article

Harus Tahu! Inilah 5 Spot Wisata Instagramable di Yogyakarta

Next article

Menarik, Inilah Manfaat Bermain Game Quiz untuk Kesehatan Anda

Join the discussion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *