Skip to content

Apa itu Presbiopi? Penyebab dan Pengobatannya

Written by

riding
presbiopi adalah

Apakah anda mengetahui apa itu presbiopi? Secara singkatnya, presbiopi adalah sebuah kondisi gangguan pada mata dimana mata kehilangan kemampuannya untuk fokus dalam melihat suatu objek dari jarak dekat. Presbiopi juga sering disebut dengan nama penyakit mata tua. Kemampuan hilangnya focus ini biasanya secara bertahap hilangnya. Hal ini biasanya banyak disadari saat anda harus menjauhkan terlebih dahulu buku atau ponsel anda agar anda bisa membacanya dengan jelas. Penyebab dan pengobatan presbiopi ada beragam faktor yang mempengaruhi. Di bawah ini penjelasan secara lengkap penyebab dan pengobatan presbiopi.

Penyebab Presbiopi

Yang pertama yaitu mengenai penyebab presbiopi. Sebenarnya apa penyebab presbiopi? Pada normalnya, lensa mata akan berubah bentuk secara fleksibel atau bebas agar nantinya bisa melihat benda yang lebih jelas. Namun, pada kondisi presbiopi ini lensa mata menjadi lebih kaku dan bentuknya tidak fleksibel sehingga bisa mempengaruhi kemampuan melihat menjadi buram. Biasanya faktor usia bisa meningkatkan peluang terjadinya penyakit mata yaitu berusia lebih dari 40 tahun, ada penyakit diabetes atau penyakit gangguan jantung, dan mengkonsumsi obat dalam jangka waktu yang lama. 

Untuk menghindari kemungkinan terjadinya presbiopi, anda bisa melakukan beberapa hal. Pertama, rutin memeriksakan mata sesuai anjuran yang diberikan. Kedua, meminum obat yang teratur untuk mengatasi penyakit kronik, memakai kacamata yang bisa melindungi mata dari sinar UV, dan banyak mengonsumsi buah dan sayur. 

Penting Dibaca: Cara Mengatasi Rabun Dekat atau Presbyopia

Pengobatan Presbiopi

Sebetulnya tidak ada acara yang bisa dilakukan untuk menghentikan presbiopi yang disebabkan oleh proses penuaan. Namun, terdapat beberapa pengobatan yang bisa membantu anda untuk mengatasi penyakit mata tua. Pertama, memakai kacamata baca dengan lensa progresif atau bifokal. Lensa ini berfungsi untuk memperbaiki penglihatan dalam jarak dekat dan jarak jauh. Cara kedua, dengan menggunakan lensa kontak. Biasanya ada 2 tipe lensa kontak yaitu monovision dan multifocal, dan modifikasi (gabungan dari tipe monovision dan multifocal). Pengobatan terakhir adalah dengan melakukan operasi pada mata. 

Itulah penjelasan singkat mengenai penyebab dan pengobatan presbiopi.

Previous article

Wajib Tahu, Ini Gejala Aki Mobil Overcharge

Next article

Perumahan di Cibubur Kian Menjadi Incaran Milenial, Ini Alasannya

Join the discussion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *