Skip to content

Wajib Tahu, Ini Gejala Aki Mobil Overcharge

Written by

riding

Ketika memiliki kendaraan sebaiknya pemilik memahami keadaan kendaraannya dengan baik. Misalnya saja mengetahui gejala aki mobil overcharge. Dengan mengetahui berbagai gejala atau tandanya maka bisa segera melakukan pengecekan dan perbaikan. Adapun pertanda atau gejala aki overcharge adalah sebagai berikut.

Terdapat jamur 

Akan muncul jamur berwarna putih di terminal kepala aki positif. Sebenarnya wajar saja jika jamur muncul karena proses pengisian air aki mengandung asam sulfat (H2SO4) yang mengandung elektrolit yang kuat. Pemakaian secara terus menerus akan menyebabkan panas sehingga air aki menguap dan muncul jamur putih.

Akan tetapi jika jamur yang muncul terlalu banyak hal tersebut menjadi gejala aki mobil overcharge. Saat proses pengisian yang berlebih kepala aki menjadi panas yang berlebihan. Dengan demikian jamur akan lebih cepat dan lebih banyak bermunculan.

Suhu Badan Aki Terlalu Panas

Besar tegangan untuk pengisian aki yang baik berada di antara 12,7 Volt hingga 14 Volt. Namun jika terdapat masalah pada IC regulator, pengisian aki bisa berada di atas ataupun di bawah angka tersebut. Pengisian tegangan di bawah 12 Volt dapat menyebabkan aki kehabisan daya atau tekor. Sedangkan jika pengisian tegangan di atas 14 Volt akan menyebabkan aki terlalu panas. Jika kondisi tersebut terus terjadi maka akan membuat aki tidak tahan lama.

Menggelembung

Aki yang menggelembung menjadi tanda aki overcharge berikutnya. Hal ini terjadi karena suhu yang terlalu panas dan banyak terdapat gelembung udara. Jika aki sudah menggelembung besar kemungkinan harus menggantinya dengan yang baru.

Aki Tidak Awet

Ciri aki overcharge lainnya adalah umur aki yang tidak lama dari semestinya. Pengisian aki yang secara berlebihan dan dilakukan terus menerus akan membuat lempengan plat di dalamnya tidak tahan lama. Aki akan cepat rusak atau soak.

Sekarang ini kemajuan di bidang digital menyediakan berbagai informasi termasuk merawat kendaraan bermotor. Pemilik mobil bisa melakukan pengecekan dan perawatan berkala sendiri dengan mencari tahu berbagai caranya. Dengan demikian bisa melakukan pencegahan aki rusak jika melihat ada gejala aki mobil overcharge yang muncul.

Previous article

Investasi di Perumahan Cibubur Menjanjikan, Ini Alasannya!

Next article

Apa itu Presbiopi? Penyebab dan Pengobatannya

Join the discussion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *