Skip to content

Menentukan Gudang yang Cocok

Written by

riding

Industri manufaktur merupakan aktivitas yang dilakukan dengan mengubah bahan mentah menjadi barang yang baru dengan memiliki nilai jual. Di kegiatan manufaktur itu tentunya memerlukan peralatan, bahan, serta mesin-mesin. Semuanya itu tentu dibutuhkan ruang penyimpanan yang besar dan disebut dengan gudang. 

Gudang di dalam usaha manufaktur ini merupakan hal yang penting dan wajib ada. Sebenarnya, gudang tidak hanya berkaitan dengan tempat penyimpanan saja. namun, lebih menyangkut pada proses pengolahan sampai proses distribusi. Maka dari itu, makin besar bisnis yang dijalankan, tentu makin besar pula kebutuhan gudang yang diperlukan. 

Membangun gudang memang bisa dijadikan pilihan. Namun, hal itu terkendala akan biaya yang harus dikeluarkan. Tentu biayanya pun akan besar. Maka dari itulah, banyak perusahaan memilih untuk mencari gudang dengan menyewanya.

Inilah yang kemudian menjadi banyak pertanyaan bagaimana mencari gudang yang tepat. Karena setiap jenis usaha tentu memiliki kebutuhan yang khas. Maka dari itu, di sini diberikan tips dan trik memilih gudang yang tepat untuk usaha anda. Cek lokasi pilihan https://karawangsentrabizhub.com/index.php/location/

Setiap jenis usaha manufaktur memiliki barang, alat, atau mesin yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum memilih gudang yang cocok maka Anda harus sudah mengetahui dan memastikan jenis barang apa yang akan disimpan di sana. Ingat, bahwa tidak semua gudang cocok untuk semua jenis barang. 

Perlu diketahui bahwa setidaknya ada beberapa tipe gudang berdasarkan barang apa yang akan disimpan. Kesepuluh tipe itu adalah sebagai berikut.

  • Gudang penyimpanan bahan baku, yakni untuk menyimpan bahan baku sebelum diolah sehingga biasanya dipilih yang dekat dengan tempat produksi.
  • Gudang penyimpanan barang setengah jadi, yakni untuk menyimpan produk yang masih membutuhkan proses panjang dalam produksinya.
  • Gudang pusat konsolidasi, yakni gudang tempat menerima barang dari berbagai sumber. Barang ini bisa diteruskan ke konsumen atau dikirim untuk proses produksi.
  • Gudang penyimpanan bahan hasil produksi, yakni gudang untuk menyimpan barang-barang hasil produksi yang siap didistribusikan. Gudang ini juga biasanya dijadikan tempat pengendali atau safety stick dari permintaan pasar.
  • Gudang pusat transhipment, yakni gudang untuk menerima barang yang jumlahnya besar dari berbagai supplier. Pada gudang ini biasanya dilakukan proses pembagian ke bagian-bagian yang lebih kecil. Cek gudang di Karawang https://karawangsentrabizhub.com/

Previous article

Sebenarnya, Apa Saja Fungsi Perusahaan Sekuritas?

Join the discussion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *