Skip to content

Sebenarnya, Apa Saja Fungsi Perusahaan Sekuritas?

Written by

riding
ilustrasi

Peran utama sebuah perusahaan sekuritas adalah sebagai perantara antara pasar modal dan investor ketika melakukan transaksi baik itu dalam bentuk saham, obligasi, reksadana, sukuk dan lain-lain. Nah, dalam pasar saham perusahaan sekuritas ini memiliki peran sebagai perantara antara pembeli saham atau investor dengan BEI atau Bursa Efek Indonesia. 

Disamping itu, perusahaan sekuritas juga mempunyai perananan lain yang tidak kalah penting yaitu untuk mendukung keberlangsungan pasar modal guna memperlancar perputaran dana serta untuk menyampaikan dan juga memberikan informasi yang berkaitan dengan pasar modal.

Akan tetapi, peranan utama dari perusahaan sekuritas adalah untuk membantu meningkatkan kegiatan investasi pada pasar modal serta untuk mendukung perekonomian Indonesia. Selain beberapa peranan yang telah disebutkan, perusahaan sekuritas juga memiliki beberapa fungsi utama, yaitu: 

Penjamin Emisi Efek 

Fungsi utama perusahaan sekuritas yang pertama adalah sebagai penjamin Emisi Efek. Disini perusahaan akan melakukan penawaran umum terhadap sebuah efek atau sekuritas sebuah emiten. Jika ada efek yang tidak bisa terjual maka perusahaan sekuritas tidak berkewajiban untuk membeli efek tersebut. Disamping itu, perusahaan sekuritas juga bisa menjadi underwriter bagi perusahaan-perusahaan yang melakukan Initial Public Offering. 

Ingin Investasi Saham secara Online tanpa Ribet? Cek https://www.most.co.id/saham

Perantara Perdagangan Efek 

Sebagaimana yang telah disebutkan diatas bahwa fungsi utama dari sebuah perusahaan sekuritas adalah menjadi jembatan atau perantara antara investor dan pasar modal ketika melakukan transaksi jual beli saham. Nah, dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa perusahaan sekuritas dapat melakukan perdagangan efek, baik itu demi kepentingan sendiri maupun untuk kepentingan nasabah perusahaan ataupun pihak-pihak lain. 

Manajer Investasi 

Fungsi lain dari perusahaan sekuritas adalah sebagai manajer Investasi. Disini perusahaan sekuritas akan bekerja dengan cara mengelola portofolio efek bagi para nasabahnya, baik itu secara perorangan maupun kolektif atau bersama. Akan tetapi perlu digaris bawahi bahwa perusahaan ini tidak akan mengelola portofolio bagi beberapa kasus seperti perusahaan asuransi, dana pensiun atau bank-bank yang melakukan kegiatan usahanya sendiri mengacu pada perundang-undangan serta peraturan yang berlaku. Demikianlah beberapa fungsi utama dari perusahaan sekuritas yang harus para calon investor ketahui. 

Previous article

Kenapa hunian di Cimanggis makin banyak peminatnya?

Join the discussion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *